Merkuri : Manfaat dan Bahayanya



Merkuri ? Pasti sobat hawa sudah tidak asing lagi dengan nama ini, apalagi yang sedang menggunakan krim pemutih wajah. Apa sih sebenarnya merkuri tersebut dan kenapa dia pernah menjadi salah satu kandungan dalam krim wajah sobat hawa. Mari kita bahas dengan lengkap di artikel ini

Apa itu Merkuri ?

merkuri adalah cairan logam perak atau disebut air raksa (Hydrargyrum). Logam ini adalah logam yang ada secara alami,satu-satunya logam pada suhu kamar (25°C) berwujud cair. Di dalam tabel periodik merkuri (Hg) dengan nomor atom 80 dan nomor massa 200.59. Merkuri merupakan unsur transisi dalam susunan tabel periodik unsur, di mana merkuri ada pada golongan II B dan periode 6. Logam murninya keperakan,cairan, tak berbau, dan mengkilap. Bila dipanaskan pada suhu 3570C akan menguap. Merkuri banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara sebagai senyawa anorganik dan organik.

Apa saja manfaatnya ?

Walaupun dikenal memiliki toksisitas yang sangat tinggi terhadap tubuh manusia namun dalam bidang lain masih termasuk material yang penting. Diantaranya:

1. Bidang Perindustrian, Dalam industri khlor-alkali, merkuri digunakan untuk menangkap logam natrium (Na). Logam natrium tersebut dapat ditangkap oleh merkuri melalui proses elektrolisa dari larutan garam natrium klorida (NaCl). Sedangkan dalam industri pulp dan kertas banyak digunakan senyawa FMA (fenil merkuri asetat) yang digunakan untuk mencegah pembentukan kapur pada pulp dan kertas basah selama proses penyimpanan. Merkuri juga digunakan dalam industri cat untuk mencegah pertumbuhan jamur sekaligus sebagai komponen pewarna.

2. Bidang Pertanian, Merkuri digunakan sebagai fungisida. Contohnya, senyawa metil merkuri disiano diamida (CH3-Hg-NH-CHHNHCN), metal merkuri siano (CH3-Hg-CN), metil merkuri asetat (CH3-Hg-CH2- COOH), dan senyawa etil merkuri khorida (C2H5-Hg-Cl).

3. Bidang Pertambangan, Logam merkuri digunakan untuk membentuk amalgram. Contohnya dalam pertambangan emas, logam merkuri digunakan untuk mengikat dan memurnikan emas.

4. Bidang Kedokteran, Logam merkuri digunakan untuk campuran penambal gigi.

5. Peralatan Fisika, Merkuri digunakan dalam thermometer, barometer, pengatur tekanan gas dan alat-alat listrik

Merkuri dan Kecantikan ? 

Merkuri mulanya dipakai untuk memutihkan kulit berdasarkan banyak kebiasaan mulai dari zaman Mesir Kuno hingga di Cina, bahkan sempat dipakai juga dalam bidang kedokteran. Dibanding produk-produk pemutih yang pada dasarnya tidak secara langsung memutihkan kulit, merkuri memang bekerja lebih instant hingga akhirnya banyak digunakan. Baru berabad-abad setelahnya efek penggunaan jangka panjang merkuri pada wajah ini, meskipun tak sampai secepat atau seburuk efek merkuri yang tertelan melalui ikan-ikan yang tercemar di perairan tertentu, dipublikasikan. Walau cuma dioleskan ke permukaan kulit, merkuri mudah diserap masuk ke dalam darah, lalu memasuki sistem saraf dan akhirnya bisa mengganggu persarafan, emosi, gangguan otak, gagal ginjal, cacat janin hingga kanker akibat efek akumulasi teratogeniknya.

Cara kerja merkuri mempengaruhi enzim trikinase dalam menghambat tirosin sehingga pembentukan melanin tidak terjadi sehingga kulit mencerah atau lebih putih. Tujuan penggunaannya merkuri ini adalah agar dapat menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentasi pada kulit, tetapi sobat hawa harus tau nih, jika terus menerus justru akan menimbulkan pigmentasi dengan efek permanen. Pemakaian merkuri secara terus menerus itu memang awalnya menjadikan kulit mulus, namun kemudian merkuri itu mengendap di bawah kulit. Setelah bertahun-tahun baru kulit kita akan rusak, Menjadi biru kehitaman bahkan dapat memicu timbulnya kanker. Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian dihentikan, flek itu dapat / akan timbul lagi & bertambah parah (melebar).

Jangan mudah tergiur dengan iming-iming produk kosmetika pemutih kulit yang mengandung merkuri, hanya untuk mendapatkan kulit putih dalam sekejap. Produk kosmetika yang mengandung bahan berbahaya akan membawa dampak buruk terhadap kulit maupun kesehatan secara keseluruhan . Sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mengatasi permasalahan kulit Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merkuri : Manfaat dan Bahayanya"

Posting Komentar