Tips Menjaga Kekencangan dan Kekenyalan Kulit


Saat memasuki usia 30 tahun kelenturan kulit wajah menjadi berkurang, hal ini merupakan salah satu tanda-tanda penuaan dini, untuk wanita ini merupakan salah satu masalah serius, mereka akan menempuh berbagai cara untuk bisa mengembalikan kekencangan kulit wajah. Umumnya mereka yang memiliki tipe kulit kering, maka akan lebih rentan mengalami masalah ini, karena elastisitas dan kekenyalan kulit wajah sangat dipengaruhi oleh kelembapan alami kulit. Kulit beserta semua jaringan di dalam tubuh kita mempunyai kemampuan untuk regenerasi sepanjang hidup, namun karena factor usia, kemampuan kulit untuk regenerasipun akan menurun, akibatnya kulit mulai menjadi kendur, mulai muncul garis-garis halus di wajah, mulai muncul kantong di bawah mata dan hilangnya kekencangan kulit, hal ini disebabkan karena kolagen yang merupakan protein yang bertanggung jawab untuk menjaga kekencangan kulit, produksinya menurun. 

Berikut ada beberapa tips yang hawa bisa lakukan untuk meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit secara alami, antara lain: 

1. Masker wajah, salah satu cara yang yang sering dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah adalah dengan masker, saat ini banyak masker yang telah dijual bebas dalam bentuk bubuk dan krem yang penggunaannya sangat praktis, namun sebenarnya menggunakan masker dari bahan-bahan alami akan lebih membantu menjaga kekenyalan kulit wajah, berikut ada beberapa masker alami yang bisa digunakan untuk menjaga kekencangan kulit wajah antara lain: 
  • Kayu cendana, campur bubuk kayu cendana dengan air mawar dengan ratio 1:1 dan oleskan secara merata ke seluruh wajah, tunggu hingga kering, lalu cuci wajah secara menyeluruh dengan air hangat. 
  • Putih telur dan lemon, pisahkan putih telur dari kuning telur, dan tambahkan jus lemon (beberapa tetes saja). Kocok lembut sampai berbusa, oleskan campurab tersebutdengan kuas dan biarkan sampai kering, setelah itu cuci seluruh wajah dengan air hangat. 
  • Madu dan susu, campurkan 1 sdt madu dengan 5 sdt susu dan beberapa tetes minyak vitamin E, lalu oleskan campuran ini ke seluruh wajah lalu tunggu hingga kering, lalu basuh seluruh wajah dengan air hangat. 

2. Facial massage, Pijat wajah secara teratur sebelum tidur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke wajah kita, selain itu pijatan dengan gerakanmelingkar ke atas dapat membantu menunda perkembangan keriput dan garis-garis halus pada wajah. Pastikan untuk menggunakan pelembab yang sesuai dengan kulit wajah, dan jangan lupa untuk memijat daerah leher. 

3. Olahraga, Banyak wanita mengalami masalah kulit yang kendur setelah mengalami penurunan berat badan yang cepat (misalnya setelah kehamilan atau diet). Jika Sobat Hawa mengalami hal ini aktivitas fisik yang sederhana namun rutin dapat membantu meningkatkan kekencangan kulit dengan cara menstimulasi otot jaringan ikat. 

Dalam hal ini latihan inverse (untuk headstands) juga sangat efektif untuk menghilangkan pengaruh gravitasi dan membalikkan kulit yang kendur, hal inin juga sangat membantu meningkatkan aliran darah ke wajah, peningkatan aliran darah ini juga akan semakin membantu meningkatkan proses peremajaan sel-sel kulit. 

4. Diet, Mengkonsumsi diet berkualitas tinggi dengan kandungan asam amino, protein, dan asam lemak omega yang tinggi akan sangat membantu proses regenerasi dan peremajaan sel-sel kulit, sehingga diet yang tinggi asupan buah-buahan, dan sayuran segar akan memberikan efek kulit yang lbh elastis dan kenyal. Meningkatkan asupan air hingga 8 gls sehari juga dapat menghilangklan racun, bahan kimia, dan produk-produk limbah yang dapat menghambat regenerasi kulit, selain itu air juga dapat membantu kelembapan dan elastisitas kulit. 

5. Lindungi kulit dari sinar matahari, Penggunaan sunscreen atau sunblock saat beraktivitas di bawah sinar matahari akan sangat membantu menjaga kelembapan kulit Sobat Hawa. 

Selain cara-cara alami di atas, saat ini sudah banyak tersedia klinik-klinik aesthetic yang menyediakan berbagai metode perawatan yang bisa mengembalikan elastisitas dan kekencangan kulit kita. Beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengembalikan elastisitas kita antara lain dengan metode threadlift (tanam benang), laser, dan radio frequensi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menjaga Kekencangan dan Kekenyalan Kulit"

Posting Komentar