A - Z Istilah Skincare yang Wajib Kamu Tahu !!!


1. Acne prone, mudah berjerawat
Beberapa skincare banyak fokus pada tipe kulit acne prone, apa artinya? Acne prone bukan berarti kulitnya berjerawat setiap saat. Tetapi tipe kulitnya sangat mudah berjerawat. Ada beberapa faktor yang mendasar hal tersebut. Di antaranya, hormon, stres, perubahan suhu, lingkungan, dan gaya hidup.

2. Blackheads (komedo)

Sekumpulan titik hitam yang sebenarnya bukan titik ini adalah pori-pori yang tersumbat. Kenapa berwarna hitam? Karena minyak di kulit dan sel kulit matimu teroksidasi dengan udara sehingga berubah warna jadi hitam. Lingkungan yang penuh polusi, terutama kalau tinggal di kota besar, bisa bikin komedomu berwarna hitam.

3. Collagen (kolagen)

Pasti kamu sering mendengar kolagen kalau ngomongin skincare, tapi sebenarnya apa sih? Collagen, adalah protein yang bisa kamu temui di jaringan penghubung antar tulang. Kolagen membuat kulitmu kencang dan tak mudah keriput. Seiring kita menua, produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang sehingga membuat kulitmu menipis dan mengakibatkan adanya keriput.

Agar tubuh tetap memproduksi kolagen, kamu bisa rutin konsumsi makanan yang tinggi akan asam amino dan gunakan skincare yang mengandung banyak vitamin C
Inflammation (peradangan atau dermatitis)

Pernah merasa gatal setelah pakai skincare baru? Sun burn? Itulah yang dinamakan dermatitis. Meski agak membingungkan, inflammation bisa menjadi hal yang baik jika terjadi setelah kamu melakukan perawatan (laser atau peeling, contohnya) karena tandanya kulitmu sedang menyembuhkan diri dan memperbarui dirinya. Kalau kulitmu sensitif dan rawan dermatitis, gunakan skincare yang mengandung anti-inflamatory seperti calendula, chamomile dan green tea yang bisa menenangkan.

4. Dewy, lembap tapi tidak berminyak

Tampilan dewy ini sedang populer di kalangan perempuan Korea Selatan karena terlihat natural dan tidak berlebihan. Dewy merupakan kondisi wajah yang lembap, halus, dan lembut tapi tidak memberi terkesan berminyak.

5. Double cleansing, membersihkan wajah dengan dua tahap

Skincare routine dengan banyak step ini dipopulerkan oleh perempuan Korea Selatan. Salah satu yang tidak boleh terlewat adalah double cleansing, yaitu membersihkan wajah secara dua tahap.

Caranya, tahap pertama pakai cleansing milk, cream atau oil pada wajah yang kering. Kemudian bersihkan dengan kapas. Tahap kedua, bilas wajah dengan face wash yang biasa dipakai. Double cleansing ini untuk memastikan debu dan kotoran tidak ada yang menempel.

6. Extract, sari tanaman dengan manfaat tertentu

Sering membaca atau mendengar istilah extract alias ekstrak? Ini adalah sari dari tanaman yang memiliki manfaat tertentu. Tujuannya adalah mendapatkan manfaat dari tanaman agar lebih mudah, tentu dalam dosis yang tepat. Misalnya, lemon untuk mencerahkan, aloe vera untuk mendinginkan kulit.

7. Exfoliating, mengangkat sel kulit mati

Beberapa produk exfoliating lagi banyak diminati di pasaran. Seperti toner, pad atau kapas, dan scrub. Sebenarnya, istilah apa ini? Exfoliation atau eksfoliasi adalah pengelupasan kulit dengan media tertentu. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati untuk memberi efek halus dan lembut.

8. Hyperpigmentation, bercak kecokelatan karena produksi melanin berlebih

Istilah ini digunakan saat banyak bintik atau kecokelatan karena produksi melanin berlebih. Contohnya freckles, bekas jerawat, dan luka. Terkadang hyperpigmentation menjadi gelap karena terpapar sinar matahari secara terus menerus. Selain itu, faktor keturunan pun menjadi penentu hal ini. Biasanya muncul pada area wajah, leher, tangan, atau kaki.

9. Hydrating, cepat menyerap air ke kulit

Berbeda dengan moisturizing, hydrating berfungsi untuk meningkatkan kandungan air di dalam kulit. Produk-produk yang memiiki sifat hydrating, biasanya mengandung water based yang lebih cair. Biasanya dapat ditemui pada aloe vera atau lidah buaya.


10. Hyaluronic AcidRatunya Kandungan Skincare

Meski pun secara alami ada di dalam tubuh, hyaluronic acid adalah hal yang kamu perlukan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Satu molekul hyaluronic acid bisa menahan bebannya hingga 1000 kali di dalam air. Hyaluronic acid membuat kulitmu tetap lembab, tapi seperti kolagen, zat ini akan berkurang seiring waktu. Gunakan serum yang mengandung hyaluronic acid agar kulitmu tetap kencang & lembab.

11. K-Beauty, perawatan kuli ala Korea

Kita harus bersyukur dan berterima kasih kepada penemuan Korean Beauty. Karena meski pun 10-steps skincare mereka sangat melelahkan, namun kita tak bisa menampik bahwa 10 langkah ini benar-benar membuat kulit kita sehat luar biasa.

12. Lines and Wrinkles (garis keriput)
Kamu lihat adanya garis di sekitar mata dan bibir meski pun kamu gak cemberut? Itu namanya keriput. Terima kasih kepada kerusakan lingkungan, gaya hidup yang sibuk luar biasa, dan betapa lambannya produksi kolagen di tubuh. Tanda-tanda penuaan semakin tak bisa dihindarkan, tapi paling tidak bisa diperlambat. Caranya? Kurangi interaksi dengan sinar matahari, rutin pakai SPF, kurangi alkohol dan perbanyak minum air.

13. Moisturizing, mengunci permukaan kulit untuk mencegah kehilangan kelembapan
Menganggap moisturizing dan hydrating adalah dua hal yang sama? Meski sama-sama melembapkan, dua hal ini adalah dua hal berbeda.

Moisturizing adalah formula yang dapat mengunci permukaan kulit untuk mencegah kehilangan kelembapan kulit. Ini bisa karena kandungan minyak atau petrolatum di dalam moisturizer yang menghambat terjadinya penguapan air pada permukaan kulit.

Pada dasarnya, moisturizer berfungsi untuk mencegah kehilangan kelembapan, bukan menambah kelembapan kulit.

14. Redness, kemerahan karena kondisi kurang ideal

Redness adalah istilah yang dipakai saat area kulit tertentu memiliki warna kemerahan yang kurang ideal. Kondisi ini lebih sering terjadi pada kulit terang akibat terbakar sinar matahari atau iritasi dari efek samping produk kurang cocok.

15. White cast, warna putih pada sunscreen
Istilah kecantikan ini biasanya karena produk yang digunakan mengandung SPF, biasanya pada sunscreen. Karena kandungan SPF yang meninggalkan residu atau bekas warna putih yang tertinggal di wajah. Selain sunscreen, warna bedak yang terlalu putih atau tidak merata juga bisa menjadi whitecast, lho.

Istilah mana yang paling sering kamu dengar?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "A - Z Istilah Skincare yang Wajib Kamu Tahu !!!"

Posting Komentar