PENANGANAN YANG TEPAT DAN EFEKTIF UNTUK FLEK DAN NODA NODA HITAM BEKAS JERAWAT DI WAJAH




A. Ketahui Perbedaan Freckles, Melasma, Dan Flek Hitam

Pernahkah Sobat Hawa bertanya-tanya apa bedanya bintik-bintik atau noda-noda cokelat yang kadang menghiasi beberapa bagian tubuh kita? Biasanya ada di bahu, punggung atau juga di wajah. Kebanyakan dari kita akan mengira penyebabnya adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Ternyata tidak hanya itu. Meski terlihat sama, ternyata berbeda antara freckles, melasma, dan flek hitam. Penting mengetahui perbedaan ketiganya. Karena bisa jadi penanganannya pun berbeda. Nah, berikut detil perbedaan ketiganya berdasarkan ahli dermatologi. 

1. Freckles, Bersifat Genetik

Freckles atau bintik-bintik cokelat yang menghiasi wajah ini sempat booming beberapa waktu lalu. Orang pun berlomba-lomba memamerkan freckles yang mereka miliki. Bahkan muncul tren makeup freckles untuk menciptakan bintik-bintik cokelat palsu di hidung dan sekitar bawah mata ini. Bintik-bintik cokelat ini umumnya ditemukan pada remaja dan anak-anak. Biasanya karena paparan sinar matahari dan ada di area wajah, bahu, dada bagian atas dan tubuh. 

2. Melasma, Disebabkan Akibat Perubahan Hormon

Melasma adalah kelainan pigmentasi umum yang menyebabkan bercak cokelat atau abu-abu di kulit. Beberapa area kulit yang paling sering terkena melasma antara lain, wajah, jembatan hidung, dahi, pipi dan bibir atas. Selain itu, melasma juga bisa melanda area-area yang kerap terkena banyak sinar matahari seperti lengan bawah, leher dan bahu. Melasma ini termasuk dalam hiperpigmentasi atau dark spot. 

Untuk pemicu potensial melasma, di antaranya adalah perubahan hormon selama kehamilan, terapi hormon atau dampak dari pil KB. Pemicu lainnya adalah sinar matahari dan produk perawatan kulit tertentu. Bisa juga karena faktor genetik. 

3. Dark Spot atau Flek Hitam 

Pada orang dengan kulit yang lebih gelap, tempat yang beberapa warna lebih gelap daripada kulit biasanya hilang dalam 6 sampai 12 bulan . Warna yang lebih dalam bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk memudar. 

4. Penyebab Bintik Hitam yang Berbeda 

a. Kerusakan akibat sinar matahari 

Bintik hitam ini disejubuat juga bintik matahari atau sun spots. Kita bisa mengembangkan bintik-bintik hitam pada kulit setelah terkena sinar matahari atau tanning bed. 

Area tubuh yang paling banyak terkena sinar matahari, seperti wajah, tangan, atau lengan, kemungkinan besar akan mengembangkan bintik-bintik matahari. 

b. Perubahan hormon 

Melasma adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak kecil perubahan warna kulit. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, terutama selama kehamilan. Menurut American Academy of Dermatology, hormon dapat memicu melasma. 

c. Efek samping obat 

Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan pigmentasi kulit dan menyebabkan bintik-bintik gelap. Penyebab paling umum adalah obat antiinflamasi non-steroid (NSAID), tetrasiklin, dan obat psikotropika. 

d. Peradangan 

Bintik-bintik hitam dapat timbul setelah serangan radang pada kulit. Peradangan dapat terjadi karena berbagai alasan yang meliputi eksim , psoriasis , cedera pada kulit, dan jerawat . 

e. Penyembuhan luka 

Bintik-bintik gelap mungkin tetap setelah gigitan serangga, membakar, atau memotong menyembuhkan. Ini mungkin memudar seiring waktu. 

f. Diabetes 

Diabetes dapat menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap. Kondisi yang berhubungan dengan diabetes termasuk acanthosis nigricans, yang menyebabkan kulit gelap, dan bintik-bintik kering atau dermopati diabetes, yang orang mungkin menyebutnya juga dengan bintik-bintik usia atau age spots. 

B. Perawatan Bintik-bintik Gelap


Dokter kulit biasanya akan merekomendasikan salah satu perawatan berikut untuk bintik-bintik gelap pada kulit.

1. Laser

Berbagai jenis laser tersedia. Laser yang paling umum untuk mengobati bintik-bintik gelap pada kulit menggunakan laser cahaya intens. Target cahaya melanin dan memecah bintik-bintik gelap.

2. Mikrodermabrasi

Selama mikrodermabrasi, dokter kulit menggunakan alat khusus yang memiliki permukaan abrasif untuk menghilangkan lapisan luar kulit. Perawatan ini mempromosikan pertumbuhan kolagen baru , yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik.

3. Chemical peeling

Pengelupasan kimiawi melibatkan penerapan solusi pada kulit, yang mengelupas permukaan, yang mengarah pada pertumbuhan kulit baru. Ini mungkin secara bertahap memudar bintik-bintik hitam pada kulit.

4. Cryotherapy

Cryotherapy adalah prosedur yang melibatkan pengaplikasian nitrogen cair ke tambalan gelap untuk membekukannya, yang melukai sel-sel kulit. Kulit sering sembuh lebih ringan sesudahnya.

5. Resep krim pemutih kulit

Krim pencerah resep bekerja dengan memutihkan kulit. Ini biasanya bekerja secara bertahap dan membutuhkan beberapa bulan untuk mengurangi munculnya bintik-bintik gelap.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENANGANAN YANG TEPAT DAN EFEKTIF UNTUK FLEK DAN NODA NODA HITAM BEKAS JERAWAT DI WAJAH"

Posting Komentar